Apa Itu WhatsApp Bot? Berikut Penjelasan dan Perbedaannya

Apa Itu WhatsApp Bot? Berikut Penjelasan dan Perbedaannya

BANGSAONLINE.com - WhatsApp memang sangat populer di Indonesia. Bahkan, di tahun 2024, Indonesia tercatat sebagai pengguna ketiga terbanyak WhatsApp di dunia. Luasnya penggunaan WhatsApp di Indonesia membuat banyak bisnis juga menyediakan berbagai layanan melalui platform chatting yang satu ini, terutama layanan customer service dan sales.

Kondisi ini juga membuka kesempatan untuk masuknya layanan yang bisa mempermudah bisnis dalam melayani pelanggan melalui WhatsApp, seperti WhatsApp chatbot. Belum paham betul apa itu? Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai software satu ini.

Apa Itu WhatsApp Bot?

WhatsApp Bot adalah program komputer atau software yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna melalui platform WhatsApp. Bot ini dapat diintegrasikan dengan akun bisnis WhatsApp dan digunakan untuk mengotomatisasi berbagai tugas, seperti melayani pelanggan, memasarkan produk, menjual produk, dan mengumpulkan data pelanggan.

WhatsApp bot dapat memproses pesan masuk dari pengguna, mengenali pertanyaan atau permintaan yang diajukan, dan memberikan respons secara otomatis berdasarkan informasi yang telah diprogram sebelumnya.

Bot ini dapat dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti menyediakan informasi produk, menjawab pertanyaan umum, mengirim notifikasi, mengelola pesanan, dan banyak lagi.

Apakah WhatsApp Bot Bisa Digunakan untuk Aplikasi Lain?

Bot sebenarnya penggunaannya tidak terbatas hanya untuk WhatsApp saja. Platform-platform media sosial seperti Instagram dan Facebook serta platform chatting seperti Telegram juga bisa diintegrasikan dengan bot, karena bot sendiri merupakan software yang didesain untuk melakukan tugas-tugas secara otomatis dan penggunaannya pun sangat luas.

Namun, tidak semua layanan WhatsApp bot bisa digunakan pula untuk platform lain. WATI, misalnya, hanya bisa membuat bot yang bisa digunakan di WhatsApp saja. Ini berbeda dengan Kommo, yang bisa digunakan di beberapa platform sekaligus, termasuk Instagram.

Apakah Harus Bisa Coding untuk Menggunakan WhatsApp Bot?

Jika ingin bisa membangun WhatsApp bot sendiri, kemampuan teknis memang dibutuhkan. Umumnya, untuk mendesain suatu bot, dibutuhkan kemampuan memprogram atau coding Python atau C#, dan juga pemahaman mengenai penggunaan API.

Selain itu, diperlukan juga pengetahuan tentang bot frameworks/libraries yang relevan dengan tipe bot yang ingin dibangun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO