INKA Group Kembali Ekspor 105 Unit CFT Wagon dan 11 Trainset Generasi Terbaru ke New Zealand

INKA Group Kembali Ekspor 105 Unit CFT Wagon dan 11 Trainset Generasi Terbaru ke New Zealand CFT yang akan dikirim ke New Zealand. Foto: Dok. Humas INKA

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - melalui anak perusahaannya, Multi Solusi (IMS), kembali mengirim 105 unit Container Flat Top (CFT) Wagon ke , New Zealand.

Ekspor gerbong kereta api ini telah memasuki gelombang kedua yang dimulai pada 26 April 2024 dan akan terus dikirim secara bertahap hingga Juni 2024. Dengan total pesanan sebanyak 450 unit.

Bukan hanya pembuatan CFT saja, namun PT. INKA juga telah selesai mengirimkan 11 trainset kereta generasi terbaru. 11 trainset itu terdiri dari 8 rangkaian kelas eksekutif (K1), 2 rangkaian kelas ekonomi (K3), serta 1 rangkaian campuran yang terdiri dari 4 car K1, 5 Car K3, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit. Serta 3 rangkaian non trainset yang terdari 1 gerbong kereta makan serta 2 gerbong kereta barang.

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan (Persero), Agung Dwi Cahyono, menjelaskan ada 12 rangkaian trainset tengah memasuki proses pengujian dinamis di lintasan, serta produksi lainnya masih dalam proses pembuatan di Madiun.

Agung menjelaskan kerja sama yang terjalin antara INKA dan UGL Rail Services Pty Ltd ke , New Zealand bukanlah hal yang pertama kali. Ini menjadi bukti bahwa INKA mampu bersaing di kancah internasional.

“Kerja sama INKA Group dengan UGL Rail Services Pty Ltd tahun ini bukanlah yang pertama. INKA Group telah menyelesaikan pesanan 262 pada Agustus 2023 lalu. Hal ini menunjukkan adanya kerja sama berkelanjutan dan kinerja baik dari INKA Group sebagai perusahaan manufaktur kereta api dalam negeri di kancah internasional,” terang Agung usai halalbihalal dengan awak media. Jumat (3/5/2024) malam.

450 tersebut berupa underframe tanpa instalasi komponen bogie dan coupler dengan spesifikasi 2 type 40 Ft dan 50 Ft yang didesain oleh UGL di Newcastle, Australia, dengan berat kosong sekitar 15,2 - 17,1 ton dan maksimum daya angkut 62,9 ton.

Sedangkan produksi rangkaian kereta new generation oleh (Persero) ini menjadi wujud dedikasi kerja keras para anak bangsa dalam memberikan produk kereta terbaik. Sehingga Agung berharap ini menjadi wujud perkembangan transportasi perkeretaapian di Indonesia.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO