Tengah Malam, Pohon Tumbang di Kota Batu Timpa Kios Bunga dan Kabel Telkom

Tengah Malam, Pohon Tumbang di Kota Batu Timpa Kios Bunga dan Kabel Telkom

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pohon besar tumbang di Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, , Jumat (3/5/2024) malam. Pohon menimpa satu kios bunga hingga rusak parah dan kabel Telkom.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Agung Sedayu, menjelaskan penyebab pohon tumbang tersebut karena kondisinya sudah rapuh.

"Pohon yang tumbang aalah flamboyan dengan diameter 1,5 meter dan tinggi 15 meter. Tumbangnya disebabkan akar yang telah lapuk dan rapuh. Akibatnya, pohon tersebut menimpa satu kios bunga, jaringan kabel Telkom, serta mengganggu arus lalu lintas," ujar Agung.

Dampak dari kejadian ini, lanjut Agung, kerusakan pada satu kios bunga dan gangguan pada jaringan kabel Telkom yang mempengaruhi arus lalu lintas yang menghubungkan dengan Mojokerto.

Agung juga merekomendasikan perlunya tindakan pencegahan dengan melakukan pemotongan atau penebangan pohon-pohon yang rentan tumbang oleh dinas terkait.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap kondisi pohon di sekitar lingkungan mereka.

Masyarakat juga diharapkan untuk melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan pohon-pohon yang dianggap berpotensi membahayakan. Kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai instansi terkait sangat diperlukan dalam menjaga keselamatan bersama di lingkungan sekitar.

Terkait pohon tumbang, Kapolsek Batu Iptu Mawang Kenthi mengatakan bahwa pihaknya langsung meluncur ke lokasi begitu menerima laporan dari warga ada pohon tumbang di tengah jalan poros ke arah Bumiaji.

"Kami berbaur dengan BPBD, babinsa, dishub, serta masyarakat sekitar untuk mengamankan arus serta segera melakukan evakuasi dengan mengerahkan alat berat," kata kapolsek . (adi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO