Kepala Desa Ini Minta Maaf, Berkilah hanya Guyon soal Ancam Warga Hentikan Bansos

Kepala Desa Ini Minta Maaf, Berkilah hanya Guyon soal Ancam Warga Hentikan Bansos Para kordinator desa relawan Gus Barra dalam acara silaturahim dan konsolidasi koordinator desa (kordes) relawan Gus Barra di Guest House Universitas KH. Abdul Chalim (UAC) Pacet, Mojokerto, Ahad (5/5/2024). Foto: mns/bangsaonline

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Suhu politik di Kabupaten Jawa Timur mulai memanas. Seorang kepala desa diduga melakukan intimidasi. Ia bahkan diduga mengancam akan menghentikan bantuan sosial (bansos) jika warganya mendukung dan menempel stiker Dr Muhammad Al Barra (Gus Barra), Wakil Bupati , yang maju sebagai calon Bupati 2025-2030.

Informasi itu mengemuka dalam acara silaturahim dan konsolidasi koordinator desa (kordes) relawan Gus Barra di Guest House Universitas KH. Abdul Chalim (UAC) Pacet, , Ahad (5/5/2024).

“Saya langsung lakukan klarifikasi ke kepala desa itu, beliau mengatakan saya ini cuma guyon, nakut-nakuti,” kata Hery Suyatmoko, salah seorang koordinator relawan Gus Barra, kepada BANGSAONLINE.com usai acara silaturahim dan konsolidasi relawan Gus Barra.

Hery menyebut nama desa itu. Namun ia minta tidak ditulis di media. 

Acara silaturahim dan koordinasi relawan Gus Barra itu diawali istighatsah oleh Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet .

Menurut Hery, kepala desa itu jujur. Ia bukan hanya mengakui melakukan intimidasi dan ancaman bansos, tapi juga langsung minta maaf.

Meski demikian ia tetap menyesalkan tindakan intimidasi itu.

“Proses demokrasi itu harus mengikuti etika politik yang baik tanpa intimidasi, sehingga masyarakat bisa belajar politik santun tanpa ada paksaan dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat,” ucap Hery yang pada Pemilu 2024 lalu lolos sebagai anggota DPRD Kabupaten .

Ia berpendapat, larangan kepada seluruh relawan yang melakukan pendataan sama dengan tidak fair. Menurut dia, kepala desa harus netral.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO